Mampir Mencicipi Gudeg Mbah Wiyono di Jogja

116 views

Selamat pagi, siang, sore mas bro, artikel ini masih akan sama mengenai kuliner menyambung artikel sebelumnya. Untuk kuliner kali ini merupakan makanan khas di suatu daerah di Jawa tepatnya di Yogyakarta. Pasti sudah pada tahu kan apa makanan khas dari kota ini? Yups, seperti julukan nama kotanya, kita akan membahas kuliner Gudeg Jogja. Jika sedang berada di Jogja maka Gudeg yang terkenal dan legendaris biasanya adalah Gudeg Yu Djum dan Gudeg Mbah Lindu. Namun gudeg yang akan saya cicipi ini tidak dikedua tempat tersebut, melainkan gudeg mbah wiyono.

Mampir Mencicipi Gudeg Mbah Wiyono di Jogja

Jika Gudeg Mbah Lindu tempatnya di pinggir jalan Sosrowijayan, maka yang akan saya cicipi adalah Gudeg Mbah Wiyono. Letak Gudeg Mbah Wiyono menggelar jajanannya ini persis di gang depan Mbah Lindu berjualan. Dari ujung gang Mbah Lindu berjualan, kita harus berjalan kaki sekitar 30 meter. Kalau menggunakan motor masuk gang ini pun juga harus dituntun karena sudah menjadi aturannya di sini.

Nah, setelah berjalan sekitar 30 meter dari ujung gang tempat Mbah Lindu berjualan. Kita akan menemukan lapak jualan Mbah Wiyono yang juga berjualan gudeg khas Jogja. Lebih tepatnya, Mbah Wiyono ini berjualan di pojok Hotel Andrea Yogyakarta. Jika dari stasiun Tugu cukup berjalan sekitar 30 meter dari pintu gerbang Stasiun Tugu ke arah Malioboro. Di seberang jalan ada Gang 1 Sosromenduran Wetan.

Ceritanya minggu pagi setelah acara di Jogja niatnya pengen sarapan di hotel tempat menginap. Namun ternyata kita hanya dibookingkan hotelnya saja. Alhasil dari pada nunggu teman yang lainnya masih pada tidur, saya dan mas Amama roda2blog cari sarapan di luar. Mas Amama ini sudah hafal berbagai tempat di Jogja, termasuk kuliner karena sudah sering bolak balik ke sini. Niat awalnya Mas Amama memutuskan untuk mencoba Gudeng Mbah Lindu, namun karena antriannya sangat banyak maka Mas Amama punya alternatif gudeg lainnya, Yups, akhirnya kita sarapan di Gudeg Mbah Wiyono.

Saat kami berdua datang, Mbah Wiyono ini baru melayani beberapa pembeli. Ada yang hanya membeli gudegnya saja, ada juga yang membeli seporsi Nasi Gudeg lengkap dengan ayam dan juga bacem telur. Oh iya, Mbah Wiyono ini bukan laki-laki lho ya, Mbah Wiyono ini perempuan karena nama suaminya Wiyono akhirnya kebiasaan dipanggil nama suaminya.

Kami bedua memesan masing-masing seporsi nasi gudeg lengkap dengan ayam dan juga telur bacemnya. Dengan cekatannya Mbah Wiyono ini melayani pembeli yang datang. Nasi gudeg tersebut disajikan diatas piring plastik yang dilapisi alas daun pisang, Tak berselang lama, nasi gudeg kami pun datang dan siap untuk dicicipi.

Rasanya Mantul Bikin Nagih

Di atas piring sudah ada nasi, gudeg dan daun singkong, kemudian ada sambel krecek kulit, suwiran ayam, dan juga telur bacem. Oh iya, bagi yang suka pedes biasanya juga ditambahi lombok ijo beberapa buah di atasnya. Pertama kali mencicipi gudegnya, ternyata bumbunya sangat merasuk sampai ke dalam. Mak nyuss pokoke. Apalagi dimakan campur dengan sambel krecek, jadi semakin enak dan ada sensasi pedas-pedasnya, Telur bacemnya juga bumbunya merasuk sampai ke dalam dan bikin nagih untuk mencicipinya lagi. Wis pokoke mantep lah Nasi Gudeg Mbah Wiyono iki.

Untuk harganya, seporsi nasi gudeg lengkap dengan ayam dan juga telur bacem tersebut dijual dengan harga 20 ribu rupiah. Terbilang standarlah untuk ukuran harga nasi gudeg di Jogja yang mantap rasanya. Nah, bagi yang penasaran bisalah kalau mampir ke Jogja menikmati nasi gudeg khas jogja ini. Lokasinya dekat dengan stasiun tugu pokoknya atau pas di depan Hotel Andrea. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Tags: #gudeg jogja #gudeg khas jogja #gudeg mbah lindu #gudeg mbah wiyono #gudeg yu djum #kuliner

Tinggalkan Balasan

Author: 
    author