Membunuh Kantuk dengan Menikmati Kopi Joss Khas Jogja

281 views

Selamat pagi, siang, sore mas bro semua, kali ini saya akan membahas mengenai kuliner lagi. Dan lebih spesifiknya mengenai minuman yang bernama kopi. Di zaman milenial seperti sekarang ini banyak sekali warung-warung kopi dengan konsep modern dan harganya yang terbilang mahal. Namun yang akan saya bahas kali ini beda dengan warung-warung kopi kekinian sekarang ini. Melainkan lebih ke warung kopi tradisional yang mempunyai ciri khas tersendiri. Yups, kali ini kita akan membahas Angkringan kopi joss khas jogja.

Ceritanya beberapa waktu yang lalu lagi ada di Jogja dan acaranya malam hari. Sampai di hotel sudah pukul 23.30 WIB dan mata sudah sangat tidak bisa diajak kompromi alias ngantuk berat. Baru saja sampai di lobby, eh langsung diajak beberapa teman buat keluar cari anget-anget (note: bukan daging anget lho ya) dan makan di angkringan. Akhirnya kami pun mempercayakan teman yang kebetulan sudah hapal kuliner dan agkringan di Jogja yaitu mas Amama (roda2blog.com). Kami dibawa menuju ke Angkringan yang letaknya persis di utara stasiun atau belakang stasiun Jogja.

Membunuh Kantuk dengan Menikmati Kopi Joss Khas Jogja

Sampai di lokasi saya kaget ternyata tidak hanya satu angkringan yang ada di sini. Mulai dari barat hingga ke timur berjejer angkringan yang menjual beraneka jajanan seperti nasi kucing, beragam sate, dan tentunya minuman hangat-hangat. Dan yang terkenal di sini adalah Angkringan Lik Man yang menjual minuman kopi joss.

Untuk pilihan tempat duduknya ada yang dekat dengan angkringannya sendiri dan juga ada pula yang lesehan di seberang jalan. Untuk parkir motor bisa, namun kalau untuk parkir mobil nampaknya tidak bisa karena jalannya tidak terlalu lebar.

Kopi joss ini sebenarnya kopi yang diracik dari kopi sachet biasa namun sebelum disajikan kepada pelanggannya dimasukkan arang yang membara ke dalamnya. Untuk harganya, satu gelas kopi joss dijual rata-rata sekitar 5 ribu rupiah saja. Dan jam bukanya mulai dari siang hari dan tutupnya bisa sampai jam 2 pagi dini hari.

Waktu itu saja memesan kopi susu joss 1 gelas, dan beberapa teman ada yang memesan kopi joss original dan ada juga yang pesan es tape. Untuk camilannya karena terhitung sudah dini hari, tinggal beberapa gorengan dan cemilan tusuk seperti ati, usus, dan sejenisnya.

Pertama kali mencicipinya kopi susu joss ini ternyata mantap bener, perpaduan kopi, susu, dan juga arang yang pas langsung bikin mata melek dan seger. Alhasil sambil makan cemilan, baru beberapa menit saja kopi sudah habis karena rasanya yang mantap. Selain itu yang tadinya ngantuk, mata seakan nggak mau menutup lagi setelah minum kopi ini.

Yang pasti, angkringan kopi joss lek Man ini recommended banget untuk dicoba dan sudah terkenal di Jogja. Dan menurut cerita penjualnya ternyata usaha angkringan ini sudah dijalani beliau berpuluh tahun yang lalu.

Nah, itu mungkin sedikit cerita mengenai angkringan kopi joss khas jogja yang bisa dicicipi dengan harga yang relatif murah. Tentu saja sangat murah apabila dibandingkan dengan kopi-kopi milenial sekarang ini. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Tags: #kopi arang jogja #kopi arang khas jogja #kopi joss #kopi joss jogja #kuliner

Tinggalkan Balasan

Author: 
    author