Cerita Pengalaman Pajak Motor di Samsat Kendal

503 views

Selamat pagi siang sore mas bro, kali ini kita akan ngomongin soal pajak motor tahunan sepeda motor. Beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan untuk membayar pajak motor tahunan di Samsat Kendal yang sudah akan jatuh tempo. Perjalanan dari rumah saya di Boyolali menuju ke Samsat Kendal saya tempuh dalam waktu kurang lebih 3 jam menggunakan motor. Selain pajak motor tahunan, kali ini juga sudah waktunya untuk ganti plat baru.

Cerita Pengalaman Pajak Motor di Samsat Kendal

Hal pertama yang saya lakukan setelah sampai di Samsat Kendal adalah membeli stopmap warna kuning sekaligus Fotocopy BPKB. BPKB Asli bisa disimpan, dan hanya butuh melampirkan foto copy BPKB sejumlah 1 lembar saja. Oh, iya, kalau sudah membawa KTP asli kita tidak perlu lagi untuk memfoto kopy KTP. Jadi berkas-berkas yang dimasukkan dalam stopmap kuning tadi berisi Foto Copy BPKB 1 lembar, KTP Asli, dan Pajak motor tahun sebelumnya serta STNK Asli.

Cek Fisik (Gesek Nomor Rangka dan Nomor Mesin)

Kemudian setelah itu saya menuju ke loket untuk penggesekan nomor rangka dan nomor mesin (cek fisik) yang letaknya di bagian pojok belakang berdekatan dengan tempat parkir. Penggesekan nomor rangka dan nomor mesin ini tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Untuk motor laki seperti megapro sangat mudah dalam menggesek nomor rangka dan nomor mesinnya karena letaknya mudah dijangkau. Namun untuk motor bebek dan juga motor matik memang harus melepas bodi sayap samping untuk menggeseknya.

Masukkan Berkas ke Loket Formulir Lalu ke Loket Pendaftaran

Selanjutnya, sebelum masuk ke loket pendaftaran, kita harus membawa berkas tersebut ke loket formulir. Letaknya bersebelahan dengan loket untuk pengurusan mutasi dan balik nama. Kemudian setelah selesai baru berkas kita bawa ke loket pendaftaran. Setelah menumpuk berkas di loket pendaftaran, tinggal menunggu nama kita dipanggil pada loket pembayaran sesuai dengan nomor antrian.

Petugas akan menyerahkan STNK baru dan juga bukti pembayaran pajak motor kepada kita. Untuk pajak tahunan sekaligus ganti plat, Honda Megapro Primus pembelian Januari tahun 2009 ini di tahun kesepuluhnya dikenai biaya Rp 411.000,-.

Setelah proses pembayaran selesai barulah kita menuju ke loket pelat nomor. Namun ternyata untuk plat nomor materialnya sudah habis dan harus menunggu bulan depan baru plat nomor akan jadi.

Mudah dan Tidak ada Pungutan Liar

Jadi kalau saya menilai, pelayanan samsat kini lebih baik dan lebih cepat serta birokrasi yang nggak ribet. Selain itu juga tidak ada lagi pungutan liar diluar pajak yang sudah ditetapkan. Jika kita bingung alur pengurusan pembayaran pajak, maka saat di sana bisa bertanya kepada satpam yang selalu standby di depan dan dalam gedung.

Nah, itu tadi sedikit pengalaman saja ketika melakukan pajak motor 5 tahunan (ganti plat di samsat kendal. Semoga bermanfaat dan moggo kalau ada yang ditanyakan atau didiskusikan bisa berkomentar di bawah ini. Terima kasih.


Tags: #ganti plat #pajak 5 tahunan #pajak motor #pajak motor megapro #samsat kendal

  1. author

    Mas Sayur10 bulan ago

    Jejak

    Reply
    • author
      Author

      masbudi10 bulan ago

      wah matur nuwun pak dhe sampun mampir 😀

      Reply

Tinggalkan Balasan

Author: 
    author